Sabtu, 27 April 2013

Andai aku menjadi menteri perekonomian


Sebelum berandai – andai untuk menjadi menteri perekonomian, sebaiknya kita perlu meninjau lebih dahulu apa saja yang ada atau terkait dengan perekonomian. Ekonomi itu sendiri adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa.
Sebagai makhluk sosial dan ekonomi, pasti mempunyai masalah ekonomi yang berbeda – beda. Untuk itu kita harus mengetahui apa saja masalah – masalah perekonomian tersebut. Masalah – masalah ekonomi yang ada di Indonesia yaitu :
1.    Tingginya jumlah pengangguran
Dari tahun ke tahun, masalah jumlah pengangguran di Indonesia kian bertambah. Belum ada solusi untuk mengatasi tingginya angka pengangguran sampai saat ini. Pengadaan lapangan kerja saja dirasa tidak cukup untuk menekan angka pengangguran di negara kita. Jika saya menjadi menteri perekonomian saya akan mengadakan pelatihan sumber daya manusia agar mereka bisa membuka lapangan kerja yang lebih banyak dan kualitas kemampuan mereka sudah terlatih.
2.    Tingginya biaya produksi
Sudah menjadi rahasia umum di dunia industri di negara kita ini bahwa selain biaya produksi cukup tinggi belum lagi ditambah dengan biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Namun, karena faktor keamanan di negara kita masih sangat minim dan ketidakmampuan pemerintah untuk mendukung dan melindungi sektor industri, akibatnya terdapat banyak pungutan liar yang bahkan akhir – akhir ini dilakukan dengan terang-terangan.
Hal ini juga akhirnya menjadikan biaya produksi semakin meningkat. Jika saya menjadi menteri perekonomian, saya akan berusaha untuk mengurangi biaya produksi agar biaya produksi tidak terlalu tinggi, dan untuk pungutan liar, saya akan memberlakukan undang-undang supaya tidak terjadi pungutan liar.
3.    Bahan kebutuhan pokok masih langka
Langkanya bahan kebutuhan pokok adalah salah satu masalah serius yang menimpa kondisi ekonomi Indonesia. Masalah ini akan sangat terasa sekali di saat menjelang perayaan hari-hari besar seperti hari raya idul fitri, natal, dll. Jika saya menjadi menteri ekonomi, saya akan mengimpor kebutuhan pokok sampai kebutuhan pokok dalam negeri stabil.
4.    Suku bunga perbankan terlalu tinggi
Perlu kita ketahui bahwa salah satu indikator untuk menentukan baik atau tidaknya kondisi perekonomian di suatu negara adalah suku bunga. Semakin tinggi atau semakin rendahnya suku bunga perbankan di suatu negara, maka akan berpengaruh besar terhadap kondisi ekonomi di negara tersebut. Jika saya menjadi menteri perekonomian, saya akan menstabilkan bunga perbankan dengan cara menjaga agar nilai rupiah tidak meningkat dan meningkatkan nilai mata uang asing.
5.    Nilai inflasi semakin tinggi
Selain suku bunga perbankan, satu hal lagi yang juga mempengaruhi kondisi ekonomi di suatu negara adalah inflasi. Di indonesia, nilai inflasi dinilai nyaris cukup sensitif. Bahkan hanya gara-gara harga sembako di pasaran tinggi, maka nilai inflasi juga terpengaruh. Akibat dari tingginya nilai inflasi di negara kita ini, maka akan bermunculan masalah-masalah ekonomi indonesia yang lain. Jika saya menjadi menteri perekonomian saya akan menurunkan jumlah uang yang beredar dari bank Indonesia agar laju inflasi tidak bertahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar