Rabu, 26 Juni 2013

Apa keuntungan dan kerugian menalangi bank century?


Sebelum kita membahas tentang bank century, sebelumnya kita harus mengetahui seluk beluk dari bank century tersebut. Bagi masyarakat yang belum mengetahui apa itu bank century, mari kita bahas dahulu. Bank century adalah sejenis bank yg menggelapkan uang nasabahnya dan menyalahgunakan dana nasabah tersebut.
Kasus bank century ini memang sudah lama menjadi trend topik di dalam masyarakat dan belum ada yang tahu penyebab bank century ini bangkrut. Berdasarkan data dan fakta serta analisa dari sudut pandang Learning organizatioan atau Organisasi belajar yang saya temukan disebuah blog, bahwa faktor penyebab collapse-nya bank Century, sebagai berikut:
a.    Takut mengambil resiko, terlena dengan dukungan pemerintah
b.    Cenderung tidak fleksibel dalam mengembangkan budaya belajar dan mencari inovasi terbaik guna mengembangkan specialis produk yang dimiliki.
c.    Mengisolasi diri dari percaturan dunia perbankan
d.    Beranggapan tidak terjadi kesalahan apa apa dalam organisasinya (terlalu percaya diri dan senag mencari kambing hitam)
e.    Bermain-main dengan garis batas pelanggaran

       Memang membicarakan kasus Bank Century ini tidak akan pernah ada habisnya.Sejak kasus ini terkuak ke permukaan sejak lima tahun silam yang merugikan negara hingga 6,7 triliun belum tuntas hingga saat ini. Kasus Bank Century dimulai dengan jatuhnya bank ini akibat penyalahgunaan dana nasabah yang digerakkan oleh pemilik Bank Century beserta keluarganya. Mencuatnya kasus Bank Century menjadi sangat menarik ketika mengetahui kelanjutan jatuhnya bank ini. Tidak salah lagi, respons pemerintah begitu luar biasa hingga bersedia melakukan bail out — respon terhadap adanya kesulitan pada aliran dana jangka pendek, dimana entitas yang mengalami kesulitan dana likuid namun memiliki asset yang cukup, akan disuntikan dana oleh pemerintah atau konsorsium investor untuk “tide it over” hingga masalah keuangan jangka pendek dapat diselesaikan  melalui pengucuran dana triliunan rupiah. 
Berikut gambaran besarnya potensi kerugian yang akan timbul pada akhir 2008 dalam hal ini penurunan nilai surat-surat berharga dan kenaikan nilai kurs rupiah terhadap mata uang asing yang akan diderita negara maupun pihak swasta di luar kerugian-kerugian lain jika bailout Bank Century tidak dilakukan, dengan asumsi:
1)   Semua badan usaha milik negara atau BUMN (bank, asuransi, dana pensiun, dan
    lainnya) di Indonesia mempunyaioutstanding SUN Rp100 triliun
2)   Perusahaan non-BUMN memegang SUN Rp50 triliun
3)   Semua BUMN di Indonesia mempunyai outstanding utang dalam valas sebesar US$25
   miliar (semua utang mata uang asing diasumsikan sebagai dolar AS)
4)   Perusahaan non-BUMN memegang utang dalam valas sebesar US$20 miliar (semua
    utang mata uang asing diasumsikan sebagai dolar AS)
5)   Pemerintah Indonesia mempunyai utang dalam valas lebih kurang Rp60 miliar
    (semua utang mata uang asing diasumsikan sebagai dolar AS)
Menurut pendapat saya keuntungan dan kerugian dari menalangi bank century ini adalah :
Keuntungan :
a)    Nasabah mendapatkan uangnya kembali walaupun belum tentu sepenuhnya kembali
b)   Citra pemerintah di mata masyarakat lumayan membaik karena sudah mau membantu menyelesaikan kasus bank century
c)    Membuat nasabah tidak takut lagi untuk menabung atau berinvestasi pada bank besar maupun kecil karena adanya jaminan dari pihak pemerintah sebagai hasil dari pemerintah menuntaskan kasus bank century
Kerugian :
a.    Membuat masyarakat beranggapan peraturan sistem perbankan di Indonesia masih lemah karena kerugian dari sebuah bank ditangani pemerintah
b.    APBN berkurang karena terpakai untuk menalangi nasabah bank century yang menderita kerugian yang cukup besar
c.    Membuat tidak jeranya para pelaku bisnis perbankan dalam melakukan usaha penggelapan uang nasabah.
http://news.okezone.com/read/2013/03/20/339/778867/mengapa-korupsi-di-indonesia-sulit-diberantas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar