Jumat, 29 Juni 2012

Manfaat sayur paprika

  1. Pemulih energiKandungan vitamin yang dimiliki oleh paprika diketahui dapat membantu memulihkan energi. Caranya, buatlah paprika ini menjadi jus dengan campuran jeruk manis dan manisan buah aprikot, kemudian tuangkan madu setelah jus tersebut siap saji. Manisan buah aprikot mengandung gula alami, sementara jeruk manis akan menghasilkan energi. Ditambah kandungan yang terdapat dalam paprika, kombinasi tersebut akan semakin berguna bagi tubuh.
  2. Menjaga kesehatan kulitMengkonsumsi paprika secara teratur dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan betakaroten dan vitamin A pada paprika juga dapat mencegah ruam dan jerawat pada wajah, serta masalah-masalah kulit lain seperti keriput dan kulit kering.
  3. Menjaga kesehatan mataKandungan vitamin A dan vitamin C yang dimiliki oleh paprika sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, terutama dalam pencegahan katarak. Selain itu paprika merah dan paprika oranye juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu sebuah senyawa fitokimia yang dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makular yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang-orang berusia lanjut.
  4. Menurunkan resiko kankerKombinasi antara vitamin A, vitamin C dan vitamin E serta likopen dan beta-cryptoxanthin dalam paprika membuat paprika sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu meremajakan sel-sel tubuh serta menjadi zat anti-kanker, terutama likopen yang terdapat pada paprika merah yang dapat mencegah kanker mulut rahim, kanker prostat, kanker kolon serta kanker pankreas. Selain itu, kandungan beta-cryptoxanthin pada paprika juga berguna untuk menurunkan resiko kanker paru-paru yang mengancam para perokok.
  5. Mencegah stroke dan penyakit jantungPaprika mengandung vitamin B6 serta asam folat yang dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah bila dikombinasikan bersama vitamin C dan betakaroten. Sebagaimana diketahui, kadar homosistein yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah serta meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung. Kandungan serat yang dimiliki oleh paprika juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah penyebab penyakit jantung. Selain itu, kombinasi antara vitamin A, vitamin C dan vitamin E dengan kapsaisin juga dapat mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga dapat menghindarkan Anda dari hipertensi, stroke dan penyakit jantung.
  6. Mencegah rasa sakitPaprika juga mengandung capsaicins yang dapat menghalangi aliran rasa sakit yang berasal dari kulit ke sumsum tulang belakang sehingga mencegah rasa sakit atau nyeri. Dengan demikian, paprika juga dapat membantu dalam pengobatan yang berhubungan dengan rasa nyeri seperti memar, keseleo atau terkilir.
  7. Mencegah radang sendiSebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dalam kadar tinggi seperti paprika ini, memiliki resiko untuk terkena radang sendi yang tiga kali lebih besar dibandingkan orang-orang yang mengkonsumsinya.
  8. Mengatasi kebotakanPaprika juga diketahui memiliki kandungan silika, yaitu sebuah senyawa yang dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral. Silika yang terdapat dalam paprika ini akan membantu mencegah kerusakan rambut serta menjaga rambut agar tetap tebal. Ekstrak paprika juga telah lama diketahui sebagai salah satu obat penyubur rambut sekaligus membantu menumbuhkan jaringan rambut yang baru sehingga dapat mengatasi masalah kebotakan.
  9. Meningkatkan kualitas seksualLikopen yang terkandung dalam paprika dipercaya mampu mendongkrak kualitas seksual dengan cara meningkatkan jumlah sperma serta membuatnya lebih agresif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi likopen sebanyak 20mg selama tiga bulan dapat memperbaiki struktur sperma hingga 63%, memperbanyak jumlah sperma sampai 67% serta meningkatkan kecepatan sperma hingga 73%. Likopen yang terkandung dalam paprika juga dapat melancarkan aliran darah menuju kemaluan pria, sehingga akan menjadikannya lebih mudah ereksi. Itulah sebabnya, mengapa manfaat sayur paprika dianggap sebagai viagra alami bagi kaum pria.
Sumber: http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1103_Manfaat-Sayur-Paprika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar