Jumat, 29 Juni 2012

Manfaat Semangka untuk tubuh

        Saat cuaca terik, menyantap buah yang satu ini tentu sangat menyegarkan. Ya, semangka memang bisa melepas dahaga Anda saat terik menyerang. Selain itu manfaat semangka untuk tubuh juga sangat banyak. Jadi tidak salah jika buah ini menjadi salah satu favorit Anda. Salah satu manfaat semangka adalah mampu mencegah bibit kanker. Pasalnya buah yang satu ini memiliki kandungan likopen cukup tinggi. Dengan menkonsumsi buah semangka setiap hari, bisa mencegah terkena kanker mulut rahim dan pankreas.
        Dengan kandungan airnya yang banyak, manfaat semangka lainnya adalah untuk mengobati tenggorokan yang sakit, melancarkan buang air, serta membantu mengatasi mereka yang kecanduan alkohol. Semangka juga diketahui memiliki kemampuan menekan resiko kerusaka kulit karena matahari. Anda yang kesulitan tidur, bisa mengkonsumsi semangka setelah makan malam yang akan membuat kadar serotonin meningkat di malam hari dan membuat otak kurang sensitif terhadap rangsangan. 
        Kandungan vitaminnya membuat buah dengan kulit bewarna hijau ini bisa meningkatkan energi. Kandungan magnesiumnya juga mampu menyediakan energi sepanjang hari. Asam amino citrulline dalam semangka bermanfaat untuk mempercepat tumbuhnya jaringan kulit. Hal tersebut yang membuatnya mampu mengobati luka lebih cepat. Semangka juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang membantu sel tubuh tetap sehat. 
          Anda yang sedang diet, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini, karena semangka diketahui bebas lemak dan hanya mengandung sedikit gula. Dengan begitu, semangka bisa menjadi teman baik Anda saat menjalani diet. Manfaat semangka lainnya adalah dapat menetralisir tekanan darah, menurunkan demam, mencegah sariawan, hingga memacu kerja jantung. Dengan segala manfaatnya itu, tidak heran semangka menjadi buah pilihan banyak orang. 

Sumber: http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1873_Manfaat-Semangka-Untuk-Tubuh- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar